Rabu, 26 Agustus 2020

Wirausaha di Bidang Kerajinan

Materi Prakarya Kelas XII 


Indonesia mempunyai ribuan suku yang kaya akan ragam budaya, termasuk di antaranya ialah kerajinan daerah. Kerajinan daerah sendiri merupakan hasil kerajinan yang sering kali menjadi ciri khas di daerah tersebut. Kerajinan yang dihasilkan ini dapat berupa seni murni dan juga seni terapan. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kerajinan khas. Melihat kekayaan ini, tentunya ada potensi dan peluang berbisnis kerajinan daerah yang cukup besar. Selain itu kita bisa turut melestarikan budaya dan mendukung pengrajin daerah agar tetap dapat berkarya. 



Kebutuhan Pasar Produk Kerajinan


Indonesia sangat kaya baik dari kekayaan alam maupun budayanya. Komoditas produk Negara Indonesia banyak dikenal di mancanegara. Misalnya furniture dan kerajinan. Ada banyak pengusaha asal Indonesia yang menggantungkan hidupnya dari usaha furniture dan kerajinan tersebut, baik yang sifatnya local maupun yang sudah go internasional. Apalagi di daerah sekitar lokasi pariwisata sudah bisa dipastikan banyak warga Indonesia yang berjualan produk kerajinan. Indonesia memiliki banyak tempat wisata dan menjadi prospek bisnis kerajinan yang sangat baik.


Produk kerajinan sangat banyak manfaatnya. Ada yang digunakan untuk keperluan rumah tangga. Ada juga yang hanya sekadar untuk hiasan. Bahkan terkadang menjadi cindera mata hingga menjadi barang yang memiliki prestise yang tinggi bagi pemiliknya.



Menganalisis Peluang Usaha Produk Kerajinan


Menganalisis peluang usaha pada produk kerajinan dimaksudkan untuk menemukan peluang dan potensi usaha produk kerajinan yang dapat dimanfaatkan, serta untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia dan berapa lama usaha dapat bertahan. Ancaman dan peluang selalu menyertai suatu usaha sehingga penting untuk melihat dan memantau perubahan lingkungan dan kemampuan adaptasi dari usaha agar dapat tumbuh dan bertahan dalam persaingan.

Pemetaan potensi usaha produk kerajinan dapat didasarkan pada ciri khas kerajinan dari setiap daerah. Pemetaan potensi menjadi sangat penting untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah. Terdapat beberapa cara atau metode dalam melakukan pemetaan potensi usaha produk kerajinan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

Analisis SWOT ialah suatu kajian terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Analisis SWOT pada usaha produk kerajinan didasarkan pada asumsi bahwa stretegi yang efektif adalah dengan memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), serta meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats). Analisis ini didahului oleh proses identifikasi factor eksternal dan internal. Untuk menentukan strategi yang terbaik, dilakukan pembobotan terhadap tiap unsur SWOT berdasarkan tingkat kepentingan.

Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan usaha produk kerajinan sebagai alat penyusun strategi. Analisis SWOT didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang tetapi secara bersamaan dapat menimbulkan kelemahan dan ancaman. Analisis SWOT dapat menentukan strategi pengembangan usaha produk kerajinan dalam jangka panjang sehingga aarah tujuan dapat dicapai dengan jelas dan dapat dilakukan pengambilan keputusan secara cepat.

Analisis SWOT dilakukan dengan mewawancarai pengusaha kerajinan dengan menggunakan kuisioner. Hal-hal yang perlu diwawancarai seperti aspek social, ekonomi, dan teknik produksi kerajinan untuk mengidentifikasi factor internal dan eksternal yang memengaruhi keberhasilan usaha produk kerajinan. 

Terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menganalisis peluang usaha produk kerajinan, yakni sebagai berikut:

A. Penetapan kelayakan usaha produk kerajinan

Yakni kita harus dapat menemukan jawaban tentang apakah peluang usaha produk kerajinan dapat dijual, berapa biaya yang dikeluarkan serta mampukah produk kerajinan tersebut menghasilkan laba. 

B. Analisis kelayakan finansial

Yakni landasan untuk menentukan sumber daya finansial yang diperlukan untuk tingkat kegiatan tertentu dan laba yang bisa diharapkan. Kebutuhan finansial dan pengembalian (return) bisa sangat berbeda bergantung pada pemilihan alternative yang ada bagi usaha baru. 

C. Analisis persaingan

Semua usaha produk kerajinan akan menghadapi persaingan baik persaingan langsung, yaitu dari produk kerajinan yang sejenis maupun persaingan produk perusahaan kerajinan lain pada pasar yang sama. Analisis persaingan ini sangat penting untuk pengembangan dan keberlanjutan usaha produk kerajinan. 



Setelah membaca materi di atas, 

Jawablah pertanyaan berikut:

Menurutmu, wirausaha apa yang paling cocok atau sesuai yang dilakukan di saat pandemi seperti ini? Jelaskan mengapa usaha tersebut cocok dilakukan! 

Tulis jawaban kalian di kolom komentar dengan format

Nama Lengkap:

Sekolah dan kelas:

Jawaban:


Catatan: Jawaban kalian saya anggap absen. Bagi yang tidak menjawab, saya anggap tidak masuk pada hari ini. 

😊💪


Good Luck... 

14 komentar:

  1. Nama lengkap :Maulidan Safitria
    Sekolah dan kelas :MA Darussalam Katimoho-Kedamean-Gresik
    Kelas XII-IIS
    Jawaban :
    Usaha Bisnis Online

    Karena Sebelum virus corona menjadi pandemi bisnis online sudah menjadi pilihan banyak orang karena sistemnya yang sangat fleksibel seperti transaksi melalui m-banking, berjualan di rumah dan barang siap untuk kirim. Bisnis online tak hanya dapat berjualan barang, namun kita juga bisa menawarkan jasa, misalnya menyediakan kelas belajar online. Bisnis online bisa menjual apa saja seperti makanan, minuman, pakaian, kebutuhan rumah tangga dan lain sebagainya.Dan banyak sekali platform yang bisa menjadikan dagangan anda menjadi lapak bertemu dengan banyak pembeli seperti pada instagram, Whatsapp, dan Ecommerce baik dalam produk produk apapun platform ini dapat menjadi solusi pasar digital dalam masa pandemi covid 19 ini.

    BalasHapus
  2. Online Shop

    Sebelum virus covid-19 mewabah, bisnis online shop udah jadi pilihan banyak orang karena sistemnya yang fleksibel. Kamu jualan di rumah, transaksi lewat mbanking, lalu kirim-kirim barang pakai jasa jemput barang ke rumah oleh kurir. Biar omset makin naik, kamu bisa jualan hand sanitizer, masker, atau alat kesehatan lainnya.

    BalasHapus
  3. Nama:DODIK HARYO
    Sekolah:ma Darussalam
    Kelas:12 ips
    Jawanan:Online Shop

    Sebelum virus covid-19 mewabah, bisnis online shop udah jadi pilihan banyak orang karena sistemnya yang fleksibel. Kamu jualan di rumah, transaksi lewat mbanking, lalu kirim-kirim barang pakai jasa jemput barang ke rumah oleh kurir. Biar omset makin naik, kamu bisa jualan hand sanitizer, masker, atau alat kesehatan lainnya.

    BalasHapus
  4. Nama:Habib Maulana
    Sekolah dan kelas:MA DARUSSALAM kelas 12 Ips
    Jawaban:
    Rempah Tradisional

    Hingga saat ini penyakit corona memang belum ada obatnya, tapi kamu bisa mencegahnya dengan meningkatkan sistem imun. Rempah tradisional seperti jamu, bisa meningkatkan sistem imun secara efektif. Kalau kamu menjualnya, pasti akan banyak orang yang minat terutama para orangtua yang dari dulu sudah percaya sama rempah-rempah

    BalasHapus
  5. Nama : Nur Erlianisa Dewi
    Sekolah : MA Darussalam
    Kelas : XII-IIS
    Jawaban :
    ~ Bisnis Online

    Sebelum virus corona mewabah, bisnis online sudah menjadi pilihan banyak orang karena sistemnya yang sangat fleksibel: berjualan di rumah, transaksi melalui m-banking, dan barang pun siap untuk dikirim. Bisnis online pun tak terbatas hanya berjualan barang. Kita juga bisa menawarkan jasa, misalnya menyediakan kelas belajar online. Salah satu contoh bisnis kelas belajar online adalah klien Gadjian, Kelasbos, yang membahas tentang bagaimana cara membangun bisnis online.

    BalasHapus
  6. Nama : WAFIQ LUTHFIYA TAHTA SALSABILA
    SEKOLAH : MA DARUSALAM
    KELAS : XII IPA

    Menurut saya bisnis yang cocok diterapkan saat pandemi covid 19 ini yaitu menjual masker, penggunaan masker kini telah menjadi kewajiban bagi semua orang, bukan hanya untuk orang sakit, tapi orang sehat pun diwajibkan memakai masker ketika hendak keluar rumah atau bepergian, berangkat dari situasi ini, menjual masker pun bisa dijadikan ide bisnis usaha yang potensial dijalankan saat masa pandemi,
    Tidak heran juga banyak orang yang terinspirasi menjual masker untuk meningkatkan penghasilan saat pandemi, oreh karena banyaknya persaingan yang semakin ramai dan ketat kita dituntut untuk yuk bersifat kreatif dan inovatif supaya tidak kalah persaingan dalam bidang perdagangan masker, contohnya seperti kita menyediakan masker dengan ukuran yang lebih spesifik seperti masker untuk bayi, Anak-anak, dan dewasa, juga menyediakan / menjual masker dengan model hijab atau biasa, bisa juga kita tambahkan manik-manik, motif-motif,sablon untuk membuat daya tarik pelanggan sehingga bisnis kita akan semakin maju dan lancar kala pandemi covid 19.

    BalasHapus
  7. NAMA:TINA FAIZARURROHMA
    KELAS:XII IPA
    SEKOLAH:MA DARUSSALAM

    Peluang Usaha di Tengah Pandemi Corona
    BY RADIKA K CAHYADI ON APRIL 23, 2020
    POST VIEWS: 72,039
    Dalam beberapa bulan ini, virus corona sedang mewabah tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Kondisi tersebut memaksa semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri agar terhindar dari virus. Dengan adanya hal tersebut membuat aktivitas menjadi terhambat. Terutama aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bahkan saat ini pun sudah diterapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa daerah yang termasuk kategori zona merah.

    Pandemi ini menuntut orang untuk beradaptasi secara cepat dengan pola kerja baru. Misalnya para pekerja harus merubah kegiatannya menjadi Work From Home (WFH), mahasiswa dan anak sekolah pun harus belajar secara online. Walaupun banyak kegiatan yang harus berjalan secara tidak biasa, namun kita masih bisa mengambil hikmah dari kejadian ini dengan mengambil peluang usaha. Nah, ini dia jenis-jenis usaha yang layak dicoba di masa pandemi virus corona:

    1. Bisnis Online


    Sebelum virus corona mewabah, bisnis online sudah menjadi pilihan banyak orang karena sistemnya yang sangat fleksibel: berjualan di rumah, transaksi melalui m-banking, dan barang pun siap untuk dikirim. Bisnis online pun tak terbatas hanya berjualan barang. Kita juga bisa menawarkan jasa, misalnya menyediakan kelas belajar online. Salah satu contoh bisnis kelas belajar online adalah klien Gadjian, Kelasbos, yang membahas tentang bagaimana cara membangun bisnis online.

    2. Bisnis Pembuatan Masker Kain

    Meski masker kain tidak seefektif masker N95 atau masker lain yang tersedia di apotik (biasanya tersedia dengan merek Sensi, Nexcare atau Altamed) setidaknya menggunakan masker kain cukup bermanfaat untuk meminimalisir paparan terhadap droplet virus corona dalam aktivitas sehari-hari di luar ruangan, sehingga kebutuhan masyarakat akan masker kain sangat meningkat. Berikut ini beberapa referensi terkait pola masker kain yang dapat menjadi referensi Anda untuk memulai bisnis masker:

    Pola Masker Kain dan Cara Pembuatannya
    Cara Membuat Masker
    Cara Buat Masker Kain untuk Cegah Corona


    3. Bisnis Hand Sanitizer

    Sejak virus corona menyerang, permintaan pasar akan hand sanitizer dan masker berubah begitu pesat. Klaim bahwa hand sanitizer dapat membunuh kuman pada kulit untuk menghindari penularan virus corona, membuat penjualan hand sanitizer naik begitu pesat. Beberapa klien Gadjian dan Hadirr seperti perusahaan kosmetik Mineral Botanica pun merasakan peningkatan permintaan ini. Hal tersebut membuat banyak orang memburu hand sanitizer dan sempat menyebabkan terjadinya kelangkaan. Hal ini dapat menjadi peluang dalam memulai usaha karena permintaan hand sanitizer yang tinggi.

    BalasHapus
  8. Nama Khoirun Nisa'
    Kelas : XII MIA
    Jawaban : makanan beku (frozen food)

    Menurut pendapat sayaMengisolasi diri di rumah artinya tidak boleh keluar rumah kecuali untuk urusan mendesak. Situasi ini bisa menjadi peluang usaha bagi Anda untuk memulai bisnis makanan yang tahan lama dan praktis, karena banyak keluarga terpaksa menyimpan makanan agar intensitas keluar rumah bisa dikurangi. Anda dapat menjual makanan beku yang sudah dikemas sehingga akan bertahan lama ataupun makanan ringan yang bisa dicicipi sebagai cemilan di rumah.

    BalasHapus
  9. Nama : Irsyadatul Ni'mah
    Kelas : XII-IPA
    Sekolah : MA Darussalam
    Jawaban : Channel Youtube


    Beberapa YouTuber menghasilkan ribuan dolar dengan vlog tentang gairah, keterampilan, perjalanan, makanan, ulasan dan video komedi stand-up dan lain lain.Pilih pasar yang anda sukai dan miliki pengetahuan yang cukup untuk membuat video yang menarik dan unik. Semakin banyak konten menghibur yang anda posting, semakin banyak tampilan dan pelanggan yang akan anda dapatkan.Beberapa YouTuber yang sukses menghasilkan jutaan dengan memposting video. Namun, rata-rata YouTube menghasilkan sekitar $ 3 hingga $ 5 per 1000 tampilan.

    BalasHapus
  10. Nama : Riris Kurniatul Hasanah
    Kelas : XII MIPA
    Sekolah : MA DARUSSALAM
    Jawaban : Makanan Tahan Lama

    Mengisolasi diri di rumah artinya ga boleh keluar rumah kecuali waktu mendesak aja, kalau udah laper gimana? Situasi ini bisa jadi peluang usaha buat kamu, orang-orang banyak nyetok makanan dan minuman di rumahnya, pastinya makanan dan minuman yang tahan lama. Kamu bisa jual mie instan, makanan kalengan, minuman serbuk, air mineral, dan lain-lain.

    BalasHapus
  11. Nama:isabiel Mahesa putra
    Kelas:Xll
    Sekolah MA DARUSSALAM
    Jawaban:usaha bisnis online


    Karena Sebelum virus corona menjadi pandemi bisnis online sudah menjadi pilihan banyak orang karena sistemnya yang sangat fleksibel seperti transaksi melalui m-banking, berjualan di rumah dan barang siap untuk kirim. Bisnis online tak hanya dapat berjualan barang, namun kita juga bisa menawarkan jasa, misalnya menyediakan kelas belajar online. Bisnis online bisa menjual apa saja seperti makanan, minuman, pakaian, kebutuhan rumah tangga dan lain sebagainya.Dan banyak sekali platform yang bisa menjadikan dagangan anda menjadi lapak bertemu dengan banyak pembeli seperti pada instagram, Whatsapp, dan Ecommerce baik dalam produk produk apapun platform ini dapat menjadi solusi pasar digital dalam masa pandemi covid 19 ini.

    BalasHapus
  12. Nama : DEVY AFRISKA WIDYASARI
    Kelas : XII IPA
    Sekolah : MA DARUSSALAM
    Jawaban : BISNIS JUAL PULSA DAN PAKET DATA

    Bisnis jual beli paket data internet terlihat sepele, namum mendatangkan profit yang yang sangat besar apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Kenapa bisnis ini bisa mendatangkan profit yang sangat besar? karena masyrakat di masa pandemi akan cenderung berada di rumah.



    Semua kegiatan mereka akan cenderung berada di rumah seperti kerja di rumah secara online, sekolah dirumah secara online dan mungkin sekedar nonton film secara streaming.

    BalasHapus
  13. Nama : Athiatul Husna
    Kelas : Xll IPA
    Sekolah : MA.Darussalam
    Jawaban : Bisnis Ramuan Herbal

    Virus corona hingga saat ini belum ada obatnya, tapi kita bisa mencegah penularannya ke tubuh kita dengan cara meningkatkan sistem imun dan selalu menjaga kesehatan. Di tengah pandemi, ramuan herbal alami yang mengandung bahan-bahan seperti kunyit, temulawak, jahe, kencur, dan daun sereh terkenal dapat meningkatkan sistem imun. Oleh karena itu, bisnis ramuan atau minuman herbal dapat menjadi bisnis yang menguntungkan karena saat ini kebutuhan untuk menjaga sistem imun dan kesehatan sangatlah tinggi. Herbilogy dan Suwe Ora Jamu adalah contoh klien Gadjian dan Hadirr yang merasakan peningkatan permintaan di masa pandemi virus corona.

    BalasHapus
  14. Nama:affan mahrus alfalah
    Kelas:xii ips
    1.bisnis online
    Bisnis online menjadi pilhan banyak orang karena sistemnya fleksibel berjualan dirumah transaksi lewat m-banking dan barang pun siap dikirim.bisnis online pun tak terbatas hanya jualan barang kita bisa juga menawarkan jasa,misalkan menyediakan kelas belajar online

    2.bisnis pembuatan masker kain
    Masker kain tidak seekfektif masker n95 atau masker yang lain yang tersedia Di apotek,menggunakan masker kain cukup bermanfaat untuk meminimalisir paparan terhapad drpolet virus Corona dalam aktivitas sehari-hari

    3.Bisnis hand sanitizer

    Sejak virus menyerang,permintaan akan pesat,klaim bahwa pembersih tangan hand sanitizer dapat membunuh kuman pada kulit untuk menghindari penularan virus corona,membuat penjulan pembersih tangan meningkat pesat

    BalasHapus