Senin, 26 Juli 2021

Perencanaan Usaha

Materi Prakarya Kelas XII

 -MA Darussalam-

27 Juli 2021

_Perencanaan Usaha_


Wirausaha adalah orang yang mengorganisir, mengelola dan berani menanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang berusaha. Untuk dapat melakukan semua itu diperlukan sebuah perencanaan yang tepat dan terperinci, sebab perencanaan usaha merupakan suatu alat untuk memastikan bahwa sebuah usaha dijalankan dengan benar dan tepat, yang mencakup pemilihan kegiatan yang akan dijalankan, bagaimana menjalankan dan kapan dimulai dan selesainya pekerjaan itu, untuk membantu tercapainya tujuan usaha.

Pengertian perencanaan usaha adalah sebagai proses penentuan visi, misi dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu.

Rencana usaha harus dibuat tertulis sehingga dapat dijadikan sebagai rujukan dan pedoman untuk menjaga agar kegiatan bisnis terarah dan focus pada pencapaian tujuan. Dengan membuat suatu penilaian terlebih dahulu sebelum melakukan investasi yang kemudian dituangkan dalam suatu laporan secara tertulis, Manfaat yang bisa diperoleh dari perencanaan bisnis adalah, bisa digunakan sebagai pedoman atau alat untuk mengetahui apakah kegiatan bisnis yang akan dijalankan itu memungkinkan dan memiliki kelayakan untuk dijalankan dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkannya serta dapat dijadikan sebagai alat pengawasan.

Perencanaan usaha bisa dibuat dalam bentuk jangka pendek ataupun jangka panjang sehingga dapat ditentukan langkah awal dan pentahapan program kegiatan yang akan dilakukan dan target yang hendak dicapai serta resiko,hambatan dan tantangan yang akan dihadapi pada setiap tahapannya dan ini merupakan rencana perjalanan yang akan diikuti oleh wirausaha. kedalaman dan rincian dari sebuah perencanaan usaha sangat tergantung kepada luasnya bisnis yang akan dilakukan, dan kompleksitas dari proses pengelolaan bisnis tersebut. Perencanaan usaha juga harus didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan adanya barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, sehingga perencanaan usaha harus berbasis pada permintaan pasar.

Berdasarkan luasannya, pasar dapat dibedakan menjadi pasar lokal, pasar nasional, dan pasar global atau pasar internasional. Pasar lokal dapat dipahami sebagai pasar yang terbatas di lingkungan atau daerah yang sama dengan tempat produksi. Pasar dapat dibagi berdasarkan kesamaan perilaku pembeli. Pembagian pasar tersebut dikenal dengan segmentasi pasar. Segmentasi pasar sasaran dapat dibedakan secara geografis atau tempat, secara demografis (usia, gender, bangsa dan etnis, pekerjaan, tingkat ekonomi), dan secara psikografis (karakter kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian). Pasar sasaran yang berbeda memiliki kebutuhan, keinginan, selera, dan daya beli yang berbeda pula. Kebutuhan dan keinginan dari suatu daerah bisa berbeda dengan daerah lainnya. Kebutuhan dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, misalnya daerah yang bersuhu rendah menyebabkan orang-orangnya membutuhkan penghangat. Sebaliknya, bila suhu tinggi akan dibutuhkan penyejuk, misalnya kerajinan kipas. Kebutuhan juga dapat dipengaruhi oleh kegiatan, misalnya kegiatan membawa barang membuat orang memiliki kebutuhan akan alat bawa. Kebutuhan akan suatu produk juga dapat disebabkan karena kebiasaan atau budaya. Kebiasaan memberi hadiah atau tanda mata kepada orang lain, membuat munculnya kebutuhan akan produk yang unik atau khas daerah tertentu. Kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat dipenuhi oleh produk kerajinan. Selain kebutuhan, pasar sasaran juga memiliki keinginan. Keinginan untuk memiliki produk pada umumnya muncul dari gaya hidup dan selera.


Pada prinsipnya, pasar terjadi karena adanya permintaan (dari pembeli) dan penawaran (dari penjual). Potensi pasar dapat diketahui melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan permintaan dan pendekatan penawaran. Pendekatan permintaan adalah dengan mencari tahu kebutuhan dari pasar sasaran, sedangkan pendekatan penawaran mengandalkan pada kemampuan wirausahawan membuat produk inovatif. Kedua pendekatan ini dapat digunakan untuk mengenali potensi pasar.  

Suatu perencanaan usaha yang baik pada umumnya memiliki sifat sebagai berikut:

1.   Fokus, artinya perencanaan usaha dibuat berdasarkan visi, misi tertentu serta tujuan yang jelas.

2.   Rasional dan faktual, artinya perencanaan usaha dibuat berdasarkan pemikiran yang masuk akal, realistik, berorientasi masa depan serta didukung dengan fakta-fakta yang ada.

3.   Berkesinambungan dan estimasi, artinya perencanaan usaha dibuat dan dipersiapkan untuk tindakan yang berkelanjutan serta perkiraan-perkiraan tentang kondisi di masa datang. 

4.    Preparasi dan fleksibel, artinya perencanaan usaha dibuat sebagai persiapan, yaitu pedoman untuk tindakan-tindakan yang akan dilaksanakan yang disesuaikan dengan lingkungan bisnis yang dihadapi.

5.  Operasional, artinya perencanaan usaha dibuat sesederhana mungkin, rinci serta dapat dilaksanakan.


Setelah membaca materi di atas, 

Jawablah pertanyaan berikut:

1. Menurutmu mengapa kita harus melakukan perencanaan usaha sebelum memulai suatu usaha? 

2. Menurutmu bagaimana cara agar mereka yang memiliki usaha bisa tetap bertahan (Tidak bangkrut) di kondisi pandemi seperti ini? 


Tulis jawaban kalian di kolom komentar dengan format

Nama Lengkap:

Sekolah dan kelas:

Jawaban ini saya anggap sebagai absensi pertemuan pertama hari ini, Jika tidak menuliskan jawaban berarti saya anggap tidak hadir. 

Ditunggu paling akhir pukul 23.00 WIB

8 komentar:

  1. Nama :Fentin istifaiyah
    Sklh/kelas :MA Darussalam XII




    1.Karena untuk langkah awal dari pencapaian tujuan dan memberikan arahan serta kejelasan tujuan tersebut, sehingga orang yang berperan dalam organisasi tersebut mengetahui dengan baik tujuan yang hendak dicapai. Hal ini akan membantu organisasi menjadi lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.
    2. a. inovasi produk berdasarkan kebutuhan
    b. tetap perhatikan standar kualitas produk
    c. promosi yang tepat
    d. metode pemasaran yang kreatif

    BalasHapus
  2. Nama: Lailatul Nur Fadilah
    Skolah/kls: Ma Darussalam XII MIPA


    1. Rencana usaha harus dibuat tertulis sehingga dapat dijadikan sebagai rujukan dan pedoman untuk menjaga agar kegiatan bisnis terarah dan focus pada pencapaian tujuan. Dengan membuat suatu penilaian terlebih dahulu sebelum melakukan investasi yang kemudian dituangkan dalam suatu laporan secara tertulis.

    2. Menurut saya dalam kondisi pandemi saat ini agar tidak terjadi kebangkrut an adalah menjual barang kita lewat online dan melakukan sistem COD (cash on Dilevery) atau membuat Drive Thru bagi yang menjual makanan supaya tidak terjadi kerumunan.

    BalasHapus
  3. Nama: Alvia fitriana rahmawati
    Sklh/kls: MA Darussalam XII

    1. Untuk memulai sebuah usaha atau bisnis dibutuhkan sebuah perencanaan yang matang agar usaha atau bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik. Strategi dan perencanaan usaha juga berguna agar bisnis atau usaha yang dijalankan memiliki tujuan dan core bisnis yang tepat. 
    2. A. Geser fokus, buat produk yang relevan
    B. Promosi
    C. Maksimalkan layanan online
    D. Persiapkan diri untuk skenario terburuk 

    BalasHapus
  4. Nama: N.K.Fauliyatus S.
    Sekolah/kls: Ma darussalam XII


    1. suatu kegiatan pastilah harus memiliki sebuah perencanaan sebelumnya, seperti halnya membangun sebuah usaha. mengapa demikian ? karena segala jenis usaha apapun yang dilakukan tidak luput dengan adanya sebuah perencanaan, karena melalui perencanaan si pengusaha dapat mengendalikan usanya jika dalam kondisi apapun dan mendesak sekalipun. dan juga tujuan utama dari sebuah perencanaan usaha adalah untuk mencapai tujuan yang diinginkan tanpa adanya suatu masalah di dalamnya.

    2. - periksa kondisi keuangan bisnis
    - persiapkan diri untuk skenario terburuk
    - berhematlah
    - beri pengertian pada karyawan
    - genjot penjualan dengan cara paling murah
    - kampanyekan nilai lebih layanan
    - optimalkan teknologi pendukung

    BalasHapus
  5. Nama: Alfu cahyani
    Sklh/kls: MA Darussalam XII


    1. Karena sebelum melakukan usaha, kita juga membutuhkan perencanaan yang matang, agar usaha itu dapat terarah dan fokus. Juga dapat menghasilkan tujuan yang di inginkan tanpa suatu masalah di dalamnya.
    2.-Ikuti Perkembangan Pasar
    -Ketahui Keinginan Konsumen
    -Inovasi Produk
    -Adaptasi Terhadap Perubahan Dan Perkembangan

    BalasHapus
  6. Nama: Mohammad Ilyas Aminullah
    Sklh/kls: MA Darussalam XII

    1. Karena didunia ini manusia hanya bisa berencana yang menetapkan adalah Allah SWT
    Untuk menentukan bisnis apa yang cocok dengan kita atau bisnis apa sesungguhnya yang ingin kita jalankan, karena seringkali kita mempunyai keterbatasan waktu, tenaga, pemikiran, modal, dan kemampuan.

    2. a. Selalu berdoa kepada Allah SWT
    b. Istiqomah sholat malam
    c. Berusaha bersedekah setiap hari
    d. Mengamati perkembangan pasar
    e. Mempelajari strategi bisnis
    f. Menggunakan metode ATM (amati tiru modifikasi)
    Terimakasih semoga bermanfaat buat sobat semua terutama yg punya blog ini awokawok


    BalasHapus
  7. Nama:Imam Baihaqi
    Sklh/kls:MA Darussalam XII

    1.untuk menentukan bisnis apa yang cocok dgn kita atau bisnis apa sesungguhnya yang ingin kita jalankan, karena kita mempunyai keterbatasan waktu, tenaga, pemikiran,modal dan kemampuan

    2.-kreatif melihat peluang bisnis
    -ikuti tren belanja konsumen
    -jalankan strategi marketing in crisis

    BalasHapus
  8. Nama : FITRIYA RAHMADANI
    Sklh / kls : ma Darussalam XII IPA

    1.Perencanaan usaha akan membuat kita dapat melihat dengan jelas prospek serta tingkat keberhasilan yang bias kita dapatkan ketika memulai sebuah bisnis. Perencanaan usaha juga harus mampu meyakinkan orang lain atau rekan bisnis tidak merugi jika melakukan kerjasama.
    2.- Konsisten dengan rencana bisnis tersebut
    - Tetapkan tenggat waktu dan target

    BalasHapus