Senin, 09 Agustus 2021

Media Promosi

Materi Prakarya 

10 Agustus 2021 Madars

-Media Promosi-


 Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang di lakukan antar seseorang atau suatu unit usaha dan masyarakat luas,dengan tujuan memperkenalkan suatu produk sekaligus memengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.

                 1.   Pengertian promosi menurut para ahli:

      a.  Menurut Swastha, promosi adalah bentuk persuasi satu arah yang dibuat untuk memengaruhi orang lain dengan tujuan menciptakan pertukaran pemasaran.

      b. Menurut boone dan Kurtz promosi adalah proses menginformasikan,membujuk, dan memengaruhi suatu keputusan pembelian.

      c. Tjiptono mengartikan promosi sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam rangka menyebarkan informasi, memengaruhi/membujuk, serta mengingatkan pasar sasaran atas prusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal.

        D. Menurut Kotler, promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran daam rangka menyebarkan informasi.

        E. Menurut Zimmerer, promosi adalah segaa macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan mengenai produk dan untuk meemengaruhi mereka agar membeli produk tersebut yang mencakup publisitas, penjuaan perorangan , dan periklanan.

Tujuan utama usaha melakukan promosi adalah meningkatkan angka dan keuntungan usaha.

1. Menyebar luaskan informasi mengenai suatu produk kepada masyarakat atau calon konsumen potensial.

2. Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru serta menjaga loyalitas mereka.

3. Membantu menginformasikan keunggulan dan pembeda produk yang dimiliki dibandingkan dengan produk pesaing.

4. Menciptakan citra suatu produk dimata konsumen sesuai keinginan perusahaan.

5. Memengaruhi pendapat dan prilaku  konsumen sesuai keinginan perusahaan.

Untuk mencapai tujuan dari promosi, sebuah usaha dapat menggunakan cara dan jenis promosi yang berbeda-beda.

Promosi secara langsung

Proosi secara langsung merupakan cara mengenalkan produk dengan berteu calon konsumen secara langsung adalah suatu wilayah yang sudah ditentukan.

B. Promosi melalui media offline

Promosi jenis ini adalah cara untuk mengenalkan produk dengan menggunakan media offline, seperti media cetak dan media elektronik.

C. Promosi melalui media online

Perkembangan terknologi dan media informasi telah mengubah cara promosi di era digital sehingga promosi melalui media online telah banyak digunakan para pengusaha.

  Media promosi offline adalah media untuk memberitahukan mengenai produk dan profil usaha melalui alat yang berwujuddan langsung tertuju kepada target konsumen .

1.Media promosi ruang terbuka

    a.brosur atau pamflet

    b.booklet

    c. Katalog

    d.leaflet

    e.flyer

    f.kartun nama

    g.billboard

    h.baliho

    i .spanduk

    j. Banner


Media promosi online

   adalah media yang dapat di gunakan untuk melakukan promosi dengan teknologi digital dan internet

1.Media sosial

   merupakan situs dimana setiap oarang bisa membuat web page pribadi,kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi

2.SEO Google

   Seo merupakan kepanjangan dari search engine Optimization milik Google yang merupakan situs pencarian yang tidak berbayar atau non iklan dari sebuah mesin pencari

3.Blog dan website untuk bisnis

    blog adalah sebuah aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan yang dimuat sebagai artikel pada sebuah halaman web umum.

4.Market place

   merupakan tempat jual beli barang atau tempat bertemunya penjual dan pembeli


Setelah membaca materi di atas, 

Jawablah pertanyaan berikut:

1. Menurutmu media promosi apa yang paling tepat untuk saat ini? Jelaskan alasannya ! 

2. Jelaskan apa yang disebut dengan sistem konsinyasi!

3. Sebutkan 4 keuntungan penjualan konsinyasi bagi pemilik produk !

4. Sebutkan 4 keuntungan penjualan konsinyasi bagi penyalur (toko)! 


Tulis jawaban kalian di kolom komentar dengan format

Nama Lengkap:

Sekolah dan kelas:

Jawaban ini saya anggap sebagai absensi pertemuan hari ini, Jika tidak menuliskan jawaban berarti saya anggap tidak hadir. 

Ditunggu paling akhir pukul 23.00 WIB

7 komentar:

  1. Nama : Lailatul Nur Fadilah
    Skolah/kls : MADARS XII MIPA


    1. Media promosi melalui online. Alasannya karena mudah mencari tahu apa yang dibutuhkan dan dapat membantu mendapat pelanggan baru.
    2. Sistem konsinyasi adalah suatu perjanjian antara dua pihak dimana salah satu pihak sebagai pemilik barang menyerahkan barangnya kepada pihak tertentu untuk menjualnya dan kemudian akan mendapatkan komisi tertentu.
    3. a. Produk dapat dipasarkan lebih luas pada toko yang telah memiliki pelanggan tetap.
    b. Tidak perlu lagi mengurus prosesi transaksi kepada konsumen.
    c. Anda bisa lebih fokus dalam mengelola kualitas produk.
    d. Produk Anda lebih mudah dijual tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.
    4. -Display produk bertambah
    -Risiko kecil
    -Dapat keuntungan tanpa mengeluarkan modal

    BalasHapus
  2. Nama : fitriya rahmadani
    Sekolah dan kelas : madars XII MIPA
    1.Promosi Media Internet,Melakukan kegiatan promosi seperti ini juga terbilang efektif. Sebab, saat ini internet mendominasi kegiatan semua orang. Tidak hanya orang dewasa saja, melainkan anak-anak dan remaja juga menggantungkan hari-hari mereka dengan internet.
    2. suatu perjanjian antara dua pihak dimana salah satu pihak sebagai pemilik barang menyerahkan barangnya kepada pihak tertentu untuk menjualnya dan kemudian akan mendapatkan komisi tertentu.
    3.- Hemat SDM dan Biaya Pelayanan
    - fokus terhadap produk
    - memperluas pasar
    4.Mendapatkan keuntungan dari laba penjualan produk kosinyasi
    Minim resiko, karena jika tidak laku produk bisa dikembalikan ke pemilik produk
    Hemat biaya terlebih jika pemilik produk menyediakan SPG, maka SPG dibayar oleh pemilik toko.
    Display produk di toko terlihat banyak

    BalasHapus
  3. Nur kholishotul fauliyatus syaadah
    Madars XII


    1. Media sosial menjadi salah satu media paling efektif untuk melakukan promosi karena hampir semua orang menggunakan akun media sosial di kehidupan sehari-hari. Unggahan Anda tentang produk dan promosi di media sosial dapat diakses oleh ribuan orang, baik lokal hingga internasional

    2. sistem konsinyasi artinya adalah suatu perjanjian antara dua pihak dimana salah satu pihak sebagai pemilik barang menyerahkan barangnya kepada pihak tertentu untuk menjualnya dan kemudian akan mendapatkan komisi tertentu

    3. Beberapa kelebihan sistem konsinyasi bagi pemilik produk atau consignor adalah sebagai berikut.
    -Memperluas pasar dan menghemat biaya promosi
    -Menghemat SDM dan biaya pelayanan
    -Fokus terhadap produk

    4. Untuk Pihak Penyalur Atau Consignee
    -Resiko Kerugian Relatif Kecil
    -Stock Produk Di Toko Bertambah
    -Mendapat Profit tanpa Modal

    BalasHapus
  4. Nama:Alvia Fitriana Rahmawati
    Madrs XII


    1.Promosi Media Produk: Kegiatan promosi seperti ini juga tidak sedikit yang menggunakannya. Terutama bagi mereka yang menjadi sponsor dalam sebuah acara. Anda dapat mengikuti cara berbisnis yang satu ini.
    2.sistem konsinyasi artinya adalah suatu perjanjian antara dua pihak dimana salah satu pihak sebagai pemilik barang menyerahkan barangnya kepada pihak tertentu untuk menjualnya dan kemudian akan mendapatkan komisi tertentu..
    3.Memperluas pasar dan menghemat biaya promosi.
    Menghemat SDM dan biaya pelayanan.
    Fokus terhadap produk
    Dapat keuntungan tanpa mengeluarkan modal
    4.Mendapatkan keuntungan dari laba penjualan produk kosinyasi
    Minim resiko, karena jika tidak laku produk bisa dikembalikan ke pemilik produk

    BalasHapus
  5. Nama : Mohammad Ilyas Aminullah
    Sekolah/kls : MADARS XII MIPA

    1. Diskon
    Diskon selalu jadi jurus andalan pemilik bisnis untuk menarik pembeli. Sebagian besar konsumen biasanya akan memutuskan untuk membeli ketika melihat label potongan harga tertera di produk yang akan dijual.

    2. Konsinyasi adalah sebuah bentuk kerjasama penjualan yang dilakukan oleh pemilik barang/produk dengan penyalur (toko).

    3. • Produk bisa dipasarkan leluasa di toko yang sudah memiliki pelanggan.
    • Tidak perlu mengurusi atau berjualan langsung ke konsumen (turun langsung).
    • Lebih bisa fokus mengelola kualitas produk.
    • Apabila menggunakan SPG, nanti si SPG lah yang ada pengelola penjualan di toko penyalur.

    4. • Mendapatkan keuntungan dari laba penjualan produk kosinyasi
    • Minim resiko, karena jika tidak laku produk bisa dikembalikan ke pemilik produk
    • Hemat biaya terlebih jika pemilik produk menyediakan SPG, maka SPG dibayar oleh pemilik toko.
    • Display produk di toko terlihat banyak

    BalasHapus
  6. 1.media promosi online.Alasannya
    agar mudah mencari tahu apa yang
    dibutuhkan.
    2.suatu perjanjian antara dua pihak
    dimana salah satu pihak sebagai
    pemilik barang menyerahkan
    barangnya kepada pihak tertentu
    untuk menjualnya dan kemudian
    akan mendapatkan komisi tertentu.
    3.-memperluas pasar dan menghemat
    biaya promosi.
    -menghemat SDM dan biaya
    pelayanan.
    -fokus terhadap produk
    4.Display produk bertambah
    -Risiko kecil
    -Dapat keuntungan tanpa mengeluarkan modal

    BalasHapus
  7. 1.Email sampai saat ini masih dianggap sebagai media promosi paling efektif dalam menyebarluaskan informasi tentang produk. Bahkan sebuah studi mengatakan efektivitasnya mencapai 40x lipat jika dibandingkan dengan media sosial.
    2. Sistem konsinyasi adalah suatu perjanjian antara dua pihak dimana salah satu pihak sebagai pemilik barang menyerahkan barangnya kepada pihak tertentu untuk menjualnya dan kemudian akan mendapatkan komisi tertentu
    3. - menghemat sdm dan biaya pelayanan
    - pasaran produk yang dijangkau semakin luas
    - fokus terhadap produk
    -menghemat biaya promosi
    4.- display produk bertmbah
    - hemat biaya
    - minim resiko
    - mendapatkan keutungan

    BalasHapus