Rabu, 26 Oktober 2016

Sejarah singkat Ikrar Sumpah Pemuda

28 Oktober 1928 merupakan salah satu hari yang tercatat dalam sejarah negara Indonesia. Karena memang pada hari itu merupakan awal mulanya para pemuda Indonesia bersatu. Ikrar sumpah pemuda tersebut merupakan hasil dari Kongres Pemuda yang kedua oleh organisasi perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia (PPPI).
Organisasi tersebut beranggotakan para pelajar dari seluruh Indonesia. Namun dalam kongres pemuda tersebut, tidak hanya dihadiri anggota PPPI saja. Melainkan juga perwakilan dari berbagai organisasi-organisasi daerah seperti Jong Java(Jawa), Jong Sumateranen Bond (Sumatra), Jong Minahasa (Minahasa), Jong Batak (Batak), dan berbagai macam yang lainnya.
Kongres pemuda tersebut dilaksanakan selama tiga sesi dan tiga tempat yang berbeda. Rapat yang pertama dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 1928 di gedung Katholieke Jongenlinen Bond (KLB), rapat kedua dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928 di Gedung Oost Javabioscoop, dan rapat penutupnya di  gedung Indonesische Clubgebow di jalan Kramat Raya No. 106.
Rumusan dari sumpah pemuda tersebut ditulis oleh M. Yamin dan dibacakan pertama kali oleh Soegondo dan dijelaskan lebih lanjut oleh Yamin. Dalam peristiwa bersejarah tersebut juga merupakan awal mulanya diperdengarkan lagu Indonesia Raya ciptaan W.R Supratman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar