Rabu, 09 September 2020

Perencanaan Wirausaha di Bidang Budi Daya Unggas Petelur

(Materi Prakarya kelas XII IPA) 



Langkah awal yang harus dilakukan sebelum kita melakukan suatu kegiatan wirausaha adalah melakukan perencanaan usaha. Perencanaan wirausaha merupakan titik tolak dari pencapaian sebuah tujuan atau proses kerja fikir dan rasa dalam menentukan bagaimana cara bertindak untuk mencapai tujuan. Perencanaan usaha ini menyangkut pembuatan keputusan tentang apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, kapan melakukannya, dan siapa yang akan melakukannya. Keberhasilan dalam suatu usaha sangat ditentukan oleh factor perencanaan usaha. Oleh karena itu, perencanaan usaha hendaklah dibuat/disusun sebaik mungkin.

Manfaat dari perencanaan wirusaha ialah sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Sebuah rencana wirausaha akan membantu untuk memilah-milah proses dimaksud menjadi bagian-bagian kecil yang lebih jelas. Dengan demikian sebuah masalah bisnis yang besar dapat dilihat sebagai sebuah urutan masalah-masalah kecil. Dan dengan memecahkan masalah-masalah kecil yang dimaksud, otomatis masalah besar besar tersebut juga akan dapat terpecahkan. Berikut ini ialah hal-hal penting harus direncanakan sebelum memulai wirausaha yaitu:

1. Menentukan jenis ternak

Menganalisis pasar yaitu penganalisisan untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar dilakukan setelah produk sudah ditentukan, dan manajemen sudah disiapkan, maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengadakan analisa pasar. Maksudnya agar ketika produk peternakan yang kita usahakan sudah berproduksi dengan baik dan manajemen yang dilakukan sudah benar maka kita tidak akan bingung mau di kemanakan produk yang telah kita buat. 

2. Menentukan lokasi kandang

Hal yang perlu diperhatikan yakni letaknya jauh dari keramaian atau pemukiman penduduk, transportasi mudah dijangkau dari lokasi pemasaran, kondisi lingkungan kandang mempunya iklim yang kondusif bagi produksi ataupun produktivitas ternak, serta kondisi lokasi tidak rawan penggusuran dalam beberapa periode produksi.

3. Menentukan skala usaha

Beberapa hal yang dapat dipertimbangkan yakni modal yang tersedia, ketersediaan lahan, efisiensi biaya produksi, dan kebutuhan atau permintaan pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar